Tuesday, May 12, 2020

Masalah Identitas Diri



Salam amazing !
Sohib-sohib Amazing, di edisi edukasi kali ini Menulis Amazing akan membahas topik mengenai “Masalah Remaja: #1 Masalah Identitas Diri”.
Sohib Amazing jangan pernah bilang kalau anak remaja nggak punya masalah. Jangan pernah bilang juga masalah anak remaja cuma ngerjain PR aja. Itu salah loh! Nyatanya, manusia di rentang usia remaja itu sangat rentan terpapar ragam jenis masalah. Satu dari sekian banyak masalah yang rentan menimpa para remaja di usia “unyu” ini salah satunya adalah masalah “Identitas Diri”.
Apa sih masalah identitas diri itu? Masalah identitas diri itu adalah kondisi dimana pribadi seorang remaja merasa bingung untuk menentukkan seperti apakah dirinya, ingin menjadi apakah dirinya, dan harus melakukan apakah dirinya. Masalah terkait identitas diri ini tentunya berkaitan juga dengan “ingin seperti sosok apa ia dikenal atau dipandang oleh teman atau orang-orang di sekitarnya”.
Permasalahan identitas diri di usia remaja sebenarnya adalah permasalah yang lumrah (umum), hampir dialami semua remaja. Namun, kenapa masalah ini penting untuk menjadi perhatian? Tentunya karena di luar sana “tidak sedikit” remaja yang gagal atau bahkan terjerembab di permaslahan ini hingga berakibat pada hal-hal negatif.
Ada ungkapan, “masa remaja adalah masa mencari identitas diri”, dan proses pencarian identitas diri itu sangat besar dipengaruhi oleh lingkungan seperti: Orang yang ada di sekitar kita, film yang kita tonton, buku atau informasi yang kit baca, hingga artis dan tokoh yang kita jadikan panutan. Yup, kesemuanya berpengaruh! Hal ini penting loh sohib Amazing. Nggak sedikit remaja cewe yang jati dirinya gampang baper-an karena ia keseringan nonton sinetron percintaan yang lebay-lebay. Nggak sedikit juga remaja-remaja cowo yang mudah nge-usilin orang hanya karena yang ditontonnya cuma channel-channel youtube prank yang dari segi isi jauh dari kata manfaat dan kedewasaan. So, untuk kamu yang remaja, bijak-bijak yah dalam mencari panutan.
Mimin pribadi jadi inget pesan Rasulullah yang isinya, “Agama seseorang tergantung temannya. Karena itu, perhatikan dengan siapa ia berteman.” (HR. Abu Daud dan Al Tirmidzi)
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment