Wednesday, May 6, 2020

Makanan Amunisi Otak




Salam amazing !
Sohib-sohib Amazing, di edisi kali ini Menulis Amazing akan membahas topik mengenai “Makanan Amunisi Otak”.
Sebelum dimulai, buat sohib-sohib amazing yang belum follow instagram @menulisamazing, silahkan di-follow terlebih dahulu. Supaya sohib-sohib Amazing selalu mendapat update-an info dari @menulisamazing.

Sohib Amazing, selama ini kita sering mendengar ungkapan bahwa pintar itu hanya di dapat dengan belajar. Ungkapan itu tidak salah sih, tapi tidak sepenuhnya benar juga. Faktanya, ada banyak hal-hal yang turut serta berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak kita guna mencapai fungsi daya kerja maksimalnya. Salah satunya dipengaruhi oleh makanan.

Nah, berikut ini Menulis Amazing akan ulas sembilan makanan yang dipercaya mampu mengoptimalkan kemampuan daya konsentrasi otak, daya ingat, serta mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

1. Telur
Makanan yang merakyat dan cukup dikenal banyak orang ini merupakan makanan amunisi otak loh sohib Amazing! Telur merupakan sumber protein yang baik. Pada bagian kuning telur ternyata terdapat kandungan kolin. Kolin ialah zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat atau memori otak kita. Jadi, buat sohib-sohib Amazing yang sering mudah lupa, telur bisa jadi solusi yang pas nih.

2. Kacang-Kacangan 
Selain sebagai cemilan yang digemari oleh sebagian orang, kacang-kacangan ternyata merupakan makanan amunisi otak juga loh sohib Amazing! Kacang-kacangan dipercaya mengandung segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Nggak cuma itu, kacang juga merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Kacang bisa memberi energi lebih lama bagi tubuh serta dapat membantu kemampuan berpikir otak. Dari berbagai jenis kacang yang ada, dua jenis kacang yang sangat baik untuk otak adalah kacang merah dan kacang pinto, karena mengandung asam lemak Omega 3 yang lebih banyak jika dibanding kacang jenis lain.
Oiya, produk olahan dari kacang seperti “Selai Kacang” ternyata merupakan makanan amunisi yang baik juga loh untuk otak kita karena mengandung vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

3. Sayuran
Selain telur dan kacang-kacangan, sayuran berwarna merupakan makanan yang bagus untuk amunisi otak juga loh Sohib Amazing! Sayuran berwarna seperti Ubi jalar, Wortel, labu, tomat dan bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan nutrisi dan antioksidan serta membuat sel-sel otak kita jadi lebih kuat dan sehat. Jadi, untuk sohib-sohib amazing semua kalau kemampuan otak kalian mau lebih meningkat, mulai sekarang jangan males-males lagi yah untuk makan sayur.

4. Susu dan Yoghurt
Susu sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, makanan olahan dari susu seperti yoghurt  juga merupakan amunisi otak yang baik loh sohib karena mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Dua jenis nutrisi ini (vitamin B dan protein yang tinggi) dipercaya dapat mengoptimalkan pertumbuhan jaringan enzim, otak dan neurotransmitter. Selain baik untuk otak, Yoghurt serta susu juga bisa membantu perut agar lebih kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya.


5. Buah Berry
Bagi masyarakat kita buah Berry memang tidak sepopuler buah duren atau rambutan. Namun, buah jenis berry seperti blackberry, raspberry, stroberi, blueberry, dan sebagainya ternyata mengandung banyak nutrisi yang penting dan baik bagi tubuh. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C-nya, memiliki manfaat dalam mencegah kanker. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa ekstrak blueberry dan stroberi dapat berguna untuk perbaikan fungsi daya ingat. Selain itu, biji dari buah berry juga mengandung asam lemak Omega-3 yang bagus untuk otak.

6. Ikan Salmon
Ikan Salmon merupakan ikan yang dikenal sebagai sumber terbaik dari asam lemak Omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan cukup penting pada pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Para ahli mengatakan, meskipun ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang juga baik, namun kandungannya tidak sebanyak pada ikan salmon.
.
7. Gandum Murni
Makanan amunisi otak berikutnya adalah Gandum murni. Sebagai informasi, otak manusia membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan, dan Gandum murni berperan dalam mendukung kebutuhan itu. Serat yang tedapat dalam Gandum Murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga mengandung vitamin B yang bermanfaat guna memelihara kesehatan sistem saraf.

8. Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi yang tanpa lemak merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi sendiri merupakan mineral esensial yang berfungsi dalam membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi di sekolah. Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat otak kita.

9. Oat
Makanan amunisi otak yang terakhir adalah Oat atau oatmeal. Oat adalah makanan sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak atau remaja saat ini. Selain rasanya yang enak, Oatmeal merupakan sumber nutrisi yang penting bagi otak manusia. Oat bermanfaat dalam menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan sohib-sohib amazing dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga berperan untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan otak sepanjang pagi. Kandungan lain yang terdapat pada oat seperti potasium, seng, vitamin B, dan vitamin E dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi yang prima.

 Itulah kesembilan makanan amunisi otak yang dapat kita pilih sebagai asupan tubuh yang tidak hanya sehat, tetapi juga mencerdaskan. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment