Thursday, August 22, 2019

Saat Nilai Teman yang Nyontek ke Kamu Lebih Besar dari pada Nilai Kamu




Salam Amazing!

Saat nilai temen yang nyontek ke kamu lebih besar daripada nilai kamu, apa yang akan kamu rasakan? Sedih? Benci? Kesel? Pokoknya campur aduk rasanya yah. Momen seperti itu kayanya hampir dialami oleh semua orang yang pernah sekolah. Dan sebenernya nggak cuma oleh mereka yang sekolah atau kuliah aja loh, tapi momen seperti itu juga terkadang terjadi di lingkup dunia kerja atau dunianya orang dewasa.

Terus kira-kira kalau hal itu sudah terjadi, apa yang harus kita lakukan? Yang Pertama, kamu harus BERANI TERIMA itu. Nasi sudah menjadi bubur, kamu udah nggak bisa ngerubah apa yang udah terjadi, daripada kamu kesel sama diri sendiri, lebih baik kamu berlapang dada menerima hal itu. Dengan berlapang dada, hati kamu akan menjadi jauh lebih ringan dan nggak stress kepikiran lagi.

Yang Kedua, EVALUASI DIRI. Kita harus jujur dan berani mengakui bahwa bagaimana pun juga peristiwa itu terjadi karena adanya campur tangan kita di dalamnya. Jadi sudah, Stop menyalahkan orang lain. Cukup salahkan diri kita sendiri. Jadikan hal tersebut sebagai cambuk pelajaran agar di masa mendatang kita tidak lagi tolong menolong dalam kesalahan (mencontek atau bekerja sama dalam ujian), karena tolong menolong dalam kesalahan hanya akan membuat kita kecewa di masa mendatang. Intinya, jika saat ini kalian marah sampai ke ubun-ubun dan kesal setengah mati dengan teman yang mendapatkan nilai lebih baik daripada kalian, kemarahan dan kesedihan itu sia-sia dan hanya akan berlalu begitu saja jika kalian tidak melakukan evaluasi diri.

Yang Terakhir, PERBAIKI DIRI. Ke depan, kalau kamu nggak mau dikecewain seperti itu lagi, maka kamu wajib berubah. Kamu wajib memperbaiki diri kamu, kamu wajib memperbaiki attitude kamu. Cobalah belajar untuk tegas pada diri sendiri dan juga pada teman-teman mu yang biasa mengajakmu bekerjasama atau mencontek, katakan pada mereka jika kalian tidak ingin bekerjasama.

Perubahan itu penting. Meski sulit, cobala untuk melakukan perubahan kea rah yang lebih baik. Sedikit demi sedikit, selangkah demi selangkah. Semoga saran ini bermanfaat untuk teman-teman Amazing !





No comments:

Post a Comment