Thursday, August 8, 2019

Agar Tugas Tertangani dengan Baik




Salam Amazing! Salam luar biasa untuk sohib-sohib Amazing!

Temen-temen yang masih sekolah atau kuliah pasti akrab dong dengan istilah tugas. Buat siswa atau pun mahasiswa tugas itu ibarat asupan rutin. Terkadang guru atau dosen sering banget kasih tugas buat siswa atau mahasiswanya, baik itu berupa tugas harian, mingguan atau pun tugas semester.
Nah, permasalahnya sekarang adalah nggak sedikit dari temen-temen yang masih sekolah atau kuliah yang pernah ngalamin "Kelimpungan dengan Tugasnya sendiri". Misal, pernah nggak kalian terburu-buru ngerjain tugas? Atau pernah nggak baru sempet ngerjain tugas di kelas beberapa waktu sebelum guru/dosen kalian datang? Atau apakah kalian pernah lupa ngerjain tugas? Kalau jawabannya PERNAH, maka tulisan dan video yang Menulis Amazing buat kali ini PERLU BANGET untuk disimak.
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, tugas dari guru atau dosen itu sama dengan misi. Yang namanya misi ya harus diselesaikan. Dan satu lagi, kenapa kita perlu mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin? Jawabannya adalah karena kita nggak pernah tau tugas mana kira-kira yang akan membantu menunjang nilai rapormu.




Ada 4 tips yang bisa kalian aplikasikan agar tugas kalian tertangani dengan baik:

1.    BUAT DEADLINE

Cobalah untuk membuat DEADLINE (Batas Waktu) supaya tugas kamu tidak terombang-ambing dalam penundaan. Dengan adanya deadline, maka proses pengerjaan tugasmu akan semakin lebih terarah. Sebaiknya buatlah deadline 1 atau 2 hari sebelum tugas itu diserahkan agar menghindarkan kita dari ketergesa-gesaan. Perlu diingat, ketergesa-gesaan akan berakibat pada kurang maksimalnya hasil pengerjaan suatu tugas.


2.    BERTANYA PADA YANG LEBIH PAHAM

Jangan malu bertanya pada orang-orang yang lebih paham agar kamu bisa mengerti dan memahami betul tugas kamu. Terkadang tidak semua siswa/mahasiswa paham dengan instruksi tugas yang mereka dapatkan. Hal ini jika dibiarkan bisa saja berimbas pada salahnya penilaian yang akan kamu dapatkan. Oleh karena itu, jangan malu dan jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih paham. Kamu bisa menanyakan hal itu pada guru/dosen kamu, pada teman kamu, atau pada guru les kamu. Perlu diingat, bertanyalah terkait hal-hal yang tidak kamu mengerti dari tugas tersebut, bertanyalah terkait cara mengerjakannya, bukan bertanya soal jawabannya. Dengan bertanya dan memahami tugas kamu secara benar, proses pengerjaan tugas kamu akan menjadi lebih baik.



3.    SEGERA ACTION

Memulai mencicil mengerjakan tugas kamu itu JAUH LEBIH BAIK dari pada terus menunda-nundanya. Kesalahan kebanyakan orang adalah dengan menunda mengerjakan tugas-tugas tersebut sehingga tanpa mereka sadari mereka telah menimbun suatu persoalan besar yang menanti untuk diselesaikan di masa depan. Menunda itu sama dengan menimbun masalah di masa depan. So, meskipun tugas itu terasa sulit, berusahalah untuk memulai mengerjakannya. Padahal, kalau kalian mulai mencicil mengerjakan tugas kalian sedini mungkin itu akan jauh lebih ringan dan mengurangi beban kalian loh.



4.    FOKUS, JAUHI GANGGUAN

Yang terakhir dan tidak kalah penting ialah FOKUS. Fokus sangat dibutuhkan sekali agar proses pengerjaan tugas kalian lebih maksimal. Tanpa adanya kefokusan, maka akan banyak waktu yang terbuang, hal ini tentu sangat tidak efisien. Agar bisa focus, berusahalah untuk menghindari dan menjauhi gangguan-gangguan laten yang biasa menghinggapi para pelajar/mahasiswa ketika sedang mengerjakan tugas. Gangguan-gangguan tersebut misalnya seperti:
·               Online/ Medsos-an terus-menerus. Jangan salah, gadget terkadang dapat menjadi suatu gangguan yang cukup menghambat proses pengerjaan tugas juga loh. Terkadang, adanya gadget di dekat kita malah akan membuat kita sering mencuri waktu untuk mengintip media sosial atau hal lain yang sebenarnya tidak berkaitan dengan proses pengerjaan tugas. Jadi, ada baiknya jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik jauhi gadget ketika proses pengerjaan tugas.

·      Bermalas-malasan, “Nanti dulu deh”, “Waktunya masih lama, gampang” “Tidur dulu deh”… ucapan seperti itu merupakan salah satu ciri ucapan orang-orang yang bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Hal ini juga menghambat proses pengerjaan tugas kamu loh. Jadi, sebisa mungki lawan rasa malas itu yah.

·           Keluyuran, Pergi keluar rumah tanpa alasan jelas, menghabiskan waktu hingga pulang malam merupakan hal lain yang akan mengganggu berjalannya proses pengerjaan tugas kamu. So, coba deh hindari kebiasaan buruk tersebut.

·              Nongkrong bareng temen-temen sampai Lupa Waktu. Nongrkong dan bersosialiasi dengan teman itu merupaka hal yang wajar dan dibolehkan. Namun, jika kamu menongkrong bersama teman untuk sesuatu hal yang tidak begitu penting dan malah membuatmu lupa waktu, akan lebih baik jika kamu menghindarinya untuk sementara waktu.

Itulah 4 tips agar tugasmu tertangani dengan baik. Silahkan diaplikasikan. Semoga bermanfaat.





Note:
Catatan ini dibuat oleh Menulis Amazing (Tangerang, 8 Agustus 2019)


No comments:

Post a Comment